Danilla Riyadi: Alam Merupakan Cerminan Manusia Bersikap

Reading time: 3 menit
Danilla Riyadi
Foto : Instagram Danilla Riyadi

Jakarta (Greeners) – Tidak banyak yang mengetahui bahwa salah satu Musisi muda Indonesia, Danilla Riyadi atau yang biasa disapa “cici” ini menyimpan banyak perhatian terhadap kondisi sekitar, terutama satwa dan lingkungan.

Berawal dari fenomena penumpukan penggunaan plastik di sekitarnya, Danilla Riyadi memutuskan untuk menghindari pemakaian plastik serta mulai mengadopsi pola hidup zero waste pada kehidupan sehari-hari.

Untuk mendukung gaya hidupnya tersebut, Danilla sudah mulai mengganti produk biasa yang ia gunakan menjadi produk yang berbahan dasar organik untuk menghindari timbulnya limbah yang berlebihan.

Pemakaian plastik sebagai wadah untuk membawa beberapa barang atau teman berbelanja juga ia kurangi, selain itu Danilla juga memastikan sampah yang ia hasilkan dapat terpilah dengan baik dan benar.

“Sekarang juga kalau ke mana-mana aku selalu bawa totebag karena aku tidak mau pakai plastik, terus juga buang sampah tuh benar-benar mesti sesuai gitu loh ada anorganik ada organik kayak gitu-gitu”. Kata Danilla kepada Greeners, Selasa, (20/04/2021)

Bagi Danilla, tindakan kecil seperti buang sampah pada tempatnya juga harus diperhatikan dan wajib dilakukan, karena tidak sedikit sampah botol kemasan atau puntung rokok yang masih ia lihat berceceran di jalan.

“Itu dari kita TK dari kita SD kayaknya guru udah menghimbau (buang sampah pada tempatnya), masa iya sih sekarang udah jago main gadget tapi buang sampah aja ga bisa gitu loh”, tuturnya.

Danilla Riyadi: Manusia Mempunyai Andil Dan Kendali Penuh Atas Setiap Tindakan Yang Dilakukan

Perempuan yang aktif di industri musik sejak tahun 2012 ini mengaku, isu lingkungan juga tak luput ia tuangkan dalam beberapa karya yang ia ciptakan, salah satunya pada lagu yang terdapat di album Lintasan Waktu yang berjudul “Ini dan Itu”.

Danilla mengingat bahwa inspirasi dari lagu tersebut adalah ketika ia melihat paus yang meninggal karena terdapat banyak sampah di dalam perutnya.

“Aku suka banget sama binatang, jadi ketika aku lihat ada binatang di situ yang tersiksa karena sampah yang mana kita bikin sendiri aku merasa sangat-sangat kesal”, ujarnya.

Lewat lagu “Ini dan Itu”, Danilla mencoba untuk berkomunikasi dengan pendengarnya tentang kepedulian mereka terhadap alam dan lingkungan. Menurutnya, manusia memegang kendali penuh atas dirinya sendiri dan atas segala tindakan yang dilakukan.

“Kita tuh dikasih pilihan sama yang Mahakuasa mau jadi yang benar atau mau jadi yang nggak, kalau misalnya aku perhatiin orang buang sampah sembarangan itu kan nggak bener ya, jadi kayak kalian masih bisa banget loh untuk mengetahui di dunia ini tuh banyak banget yang tidak peduli terhadap alamnya tapi pun masih banyak juga yang sangat peduli sama alamnya, jadi kaya membebaskan pendengar untuk memilih kalian tuh akan memilih jalur yang mana gitu”. Terangnya

Danilla Riyadi: Alam Merupakan Cerminan Sebagai Mana Manusia Bersikap

Danilla menuturkan, banyak sekali yang dapat dilakukan untuk melestarikan lingkungan, tidak hanya mengurangi penggunaan plastik dan menerapkan sikap buang sampah pada tempatnya. Apabila semua itu diterapkan dengan serentak dan konsisten, kondisi Bumi juga akan membaik serta dapat bekerja sebagaimana mestinya.

Ajakan dan circle pertemanan yang baik, menurut Danilla juga menjadi salah satu hal yang penting untuk dapat mendukung perubahan sikap agar mulai memperhatikan lingkungan.

Ketika berada di atas panggung, Danilla Riyadi selalu mengajak penggemarnya untuk tidak membuang sampah sembarangan. Baginya, Aksi nyata yang dilakukan oleh orang terdekat dapat memberikan dorongan untuk melakukan sesuatu hal yang serupa.

“Jadi di lingkungan sendiri juga udah bawa Tumblr kemana-mana, terus teman-teman main juga beberapa tuh bahkan menggunakan paper bag yang tipis dari toko itu tuh masih disimpan untuk buang apa segala macam”, jelasnya.

Danilla lalu berpesan untuk menganggap dan memperlakukan Alam seperti Adik atau Kakak yang selalu kita kasihi, Manusia dan Alam akan selalu hidup berdampingan. Apapun yang dilakukan oleh Manusia baik atau buruk, maka hal itu juga yang akan dilakukan oleh Alam.

“Alam itu adalah saudara kita, Kalau dia merasa risih dia akan membuat sesuatu yang justru bisa menyadarkan kita kayak hukum alam aja sih menurut aku, ketika sudah ga benar nih, wah ini udah chaos banget nih bumi dia akan melakukan sesuatu dengan sendirinya”, tutupnya.

Penulis : Zahra Shafira

BACA JUGA : Pandemi, Chelsea Islan Terapkan ‘Social Distance Recycling’

BACA JUGA : Ari Lesmana: Inspirasi dari Alam Dukung Proses Bermusik 

 

 

 

 

 

 

 

 

Top
You cannot copy content of this page