Greeners 9th Anniversary: Journalism On Bike

Semangat! Foto: greeners.co

Jurnal Bandung-Tasikmalaya

25 Agustus 2014, Day 3

Hari ini, tepat pukul 6 pagi, kami bersiap melanjutkan etape ke 3 perjalanan Journalism On Bike (JOB) dari kota Bandung menuju Tasikmalaya yang berlokasi di timur Jawa Barat. Usai melakukan persiapan, kami bergerak meninggalkan wisma tempat kami beristirahat semalam di jalan Kliningan, Bandung, pada pukul 08.00 WIB. Perjalanan di kota asal tim pesepeda Journalism On Bike ini, langsung disambut oleh kemacetan yang rutin terjadi di kawasan Buah Batu hingga Cileunyi.

Namun, kemacetan bukanlah penghalang bagi kami. Perjalanan terus dilanjutkan meskipun angin besar mulai menerjang dari Cileunyi hingga Parakan Muncang. Kami membentuk barisan untuk memecah angin agar kayuhan sepeda kami sedikit lebih ringan.

Foto: greeners.co

Memasuki kawasan Cicalengka, tanjakan mulai menjadi kawan perjalanan. Kemiringan yang mencapai 30 derajat dan panjang jalan kurang lebih 5-6 KM mampu ditaklukan. Selepas Cicalengka, kami disuguhi jalan dengan kontur datar dengan beberapa turunan pendek hingga kawasan Nagrek.

Hasilnya, turunan curam kawasan nagrek dengan cepat dilalui. Kondisi jalan yang mulus dengan situasi lalu lintas yang lancar membuat kami cepat tiba di daerah Limbangan, Garut, tepat pukul 10.00 wib. Kami beristirahat sejenak di SPBU Limbangan kurang lebih selama 30 menit.

Dari Limbangan kami menentukan Malangbong sebagai titik istirahat selanjutnya. Pemandangan indah berupa hamparan sawah yang hijau, serta bukit-bukit yang berjajar rapih menjadi penyejuk mata sepanjang perjalanan kami menuju Malangbong yang memiliki tanjakan yang terkenal dengan kecuraman dan panjangnya.

Pertemuan dengan komunitas Tasikmalaya. Foto: greeners.co

Pertemuan dengan rekan-rekan komunitas di Tasikmalaya. Foto: greeners.co

Sekitar pukul 12.30 siang, kami bersantap siang di warung nasi yang berlokasi di tanjakan Malangbong. Satu jam istirahat untuk makan siang dan sholat, kami kembali bergegas melanjutkan perjalan menuju kota Tasikmalaya.

Usai melewati turunan Gentong yang panjang, kami disuguhi jalanan bergelombang atau rolling di Kadipaten, Kabupaten Tasikmalaya, hingga Indihiang, Kota Tasikmalaya. Di Indihiang, tim Journalism On Bike disambut oleh beberapa pesepeda dari komunitas Bike To Work Tasik. Rekan-rekan pesepeda ini mengantar kami menuju hotel tempat kami menginap di pusat Kota Tasikmalaya.

Akhirnya, kami tiba dihotel pada pukul 4 sore. Kami masih punya cukup waktu untuk beristirahat dan membersihkan badan. Hari ini ditutup dengan bersilaturahmi dengan rekan-rekan komunitas kota Tasik.